Show simple item record

dc.contributor.advisorPRIHATIN, Jekti
dc.contributor.advisorFIKRI, Kamalia
dc.contributor.authorHARYULINDA, Annisatuz Zahro
dc.date.accessioned2020-08-11T05:14:08Z
dc.date.available2020-08-11T05:14:08Z
dc.date.issued2020-01-30
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100446
dc.description.abstractPembelajaran biologi abad 21 menuntut pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menguasai keterampilan abad 21. Namun, kenyataannya berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, penyebaran angket kepada siswa dan guru di kabupaten Jember, dalam proses pembelajaran biologi siswa cenderung merasa bosan dan tidak fokus terhadap materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran. Akibat adanya rasa bosan dan tidak fokus dalam proses pembelajaran, maka memiliki perngaruh pada hasil belajar siswa yang masih dikategorikan belum baik secara keseluruhan, dan tingkat berpikir kritis siswa rendah. Kondisi tersebut disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan guru belum efektif untuk membuat proses pembelajaran yang tidak membosankan. Oleh karena itu, solusi alternatif yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan model pembelajaran yang baru seperti pengembangan model pembelajaran Brain Based Learning berbasis Problem-Based Learning (BBL-PBL). Model BBL merupakan model pembelajaran yang proses pembelajarannya mengutamakan rasa senang, mengoptimalkan kemampuan otak kanan dan otak kiri, pembelajaran yang aktif, dan pembelajaran yang bermakna. Model BBL ini dipadukan dengan pendekatan PBL disebabkan PBL dalam proses pembelajarannya berbasis permasalahan nyata yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu, PBL juga dapat membuat siswa untuk mendapatkan pengalamannya sendiri dalam memecahkan permasalahan secara kritis, aktif, dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Adanya pengembangan model BBL PBL tersebut, dapat mengatasi permasalahan yang ditemukan dan dapat mendukung tercapainya pembelajaran abad 21.Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran Brain-Based Learning berbasis Problem Based Learning (BBL-PBL) yang valid untuk pembelajaran biologi di SMA, mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran Brain-Based Learning berbasis Problem-Based Learning (BBL-PBL) yang efektif untuk pembelajaran biologi di SMA, dan mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran Brain Based Learning berbasis Problem-Based Learning (BBL-PBL) yang praktis untuk pembelajaran biologi di SMA Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMAN Rambipuji Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengisian lembar validasi oleh ahli sebagai validator, wawancara, observasi, metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis data hasil validasi, analisis keefektifan model, dan analisis kepraktisan model. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Efektifitas model yang didapatkan dari hasil N-gain sebesar 0,81 pada hasil belajar kognitif dengan kategori tinggi, hasil belajar psikomotor sebesar 82 dengan kategori baik, dan keterampilan berpikir kritis sebesar 85 dengan kategori sangat baik. Validasi model didapatkan dari data hasil validasi produk (prangkat pembelajaran), buku panduan model pembelajaran dengan nilai sebesar 91, silabus pembelajaran dengan nilai sebesar 91, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan nilai sebesar 94,4, soal pre test dan post test dengan nilai sebesar 92,5, sehingga keseluruhan hasil validasi sebesar 91,4 dengan kategori rata-rata sangat baik. Kepraktisan model didapatkan dari respon guru dan siswa. Hasil analisis respon guru menunjukkan rata-rata total penilaian yang diberikan guru dengan nilai sebesar 91,2 dengan kategori rata-rata sangat baik. Hasil analisis respon siswa menunjukkan rata-rata total penilaian yang diberikan siswa dengan nilai 86 dengan kategori rata-rata sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model BBL-PBL sudah valid, efektif, dan praktis untuk digunakan.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries160210103014;
dc.subjectmodel pembelajaranen_US
dc.subjectbrain-baseden_US
dc.subjectbrain-based learning berbasis problemen_US
dc.subjectbased learning (Bbl-Pbl)en_US
dc.subjectbiologien_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Brain-Based Learning Berbasis Problem-Based Learning (Bbl-Pbl) Untuk Pembelajaran Biologi DI Smaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi0210103


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record