• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menurut Polya Pokok Bahasan Luas Persegi, Persegi Panjang, Dan Segitiga Pada Siswa Kelas Ivb SDN Karangrejo 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Nabila Tri Wardani-150210204034 Sdh.pdf (2.307Mb)
    Date
    2019-02-20
    Author
    Wardani, Nabila Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan pembelajaran matematika menurut kurikulum 2013 (Kemendikbud 2013) menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran yaitu menggunakan pendekatan scientific (ilmiah). Kegiatan pembelajaran matematika yang dilakukan agar pembelajaran bermakna yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Berdasarkan tujuan kemampuan yang telah diuraikan diatas, diharapkan siswa pada jenjang sekolah dasar (SD) sudah mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Soal-soal pemecahan masalah matematika berupa soal cerita yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan kenyataan yang ditemui di lapang, masih banyak siswa kelas IV SD yang belum mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika yang berbentuk soal cerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pokok bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas IVB SDN Karangrejo 02 Jember; (2) Apakah penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pokok bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas IVB SDN Karangrejo 02 Jember. Tujuan penelitian ini adalah menelaah jenis kesalahan dan mendeskripsikan penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pokok bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas IVB SDN Karangrejo 02 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Karangrejo 02 Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa di kelas tersebut adalah 34 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/100119
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15276]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository