Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menurut Polya Pokok Bahasan Luas Persegi, Persegi Panjang, Dan Segitiga Pada Siswa Kelas Ivb SDN Karangrejo 02 Jember
Abstract
Tujuan pembelajaran matematika menurut kurikulum 2013 (Kemendikbud
2013) menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran yaitu
menggunakan pendekatan scientific (ilmiah). Kegiatan pembelajaran matematika
yang dilakukan agar pembelajaran bermakna yaitu mengamati, menanya,
mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Berdasarkan tujuan kemampuan yang
telah diuraikan diatas, diharapkan siswa pada jenjang sekolah dasar (SD) sudah
mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Soal-soal
pemecahan masalah matematika berupa soal cerita yang diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari. Berdasarkan kenyataan yang ditemui di lapang, masih
banyak siswa kelas IV SD yang belum mampu menyelesaikan soal pemecahan
masalah matematika yang berbentuk soal cerita. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: (1) Apakah jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita
menurut Polya pokok bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga pada
siswa kelas IVB SDN Karangrejo 02 Jember; (2) Apakah penyebab kesalahan
dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pokok bahasan luas persegi,
persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas IVB SDN Karangrejo 02 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah menelaah jenis kesalahan dan mendeskripsikan
penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita menurut Polya pokok
bahasan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas IVB SDN
Karangrejo 02 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Karangrejo 02 Jember semester genap
tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa di kelas tersebut adalah 34 siswa yang
terdiri dari 18 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki.