Model Pemasaran dan Potensi Inovasi Usaha Kecil Produk Bioteknologi di Provinsi Jawa Timur
Date
2019-01-02Author
Wahyudi, Edy
Wicaksono, Galih
Dimyati, Mohamad
Riawati, Nian
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pemasaran dan potensi inovasi usaha kecil
khusus untuk produk bioteknologi. Sampel penelitian yaitu wilayah koridor pembangunan Timur di
Provinsi Jawa Timur yang menitikberatkan pada empat Kabupaten yaitu di Kabupaten Jember,
Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Hasil penelitian menemukan bahwa model pemasaran dapat
dilakukan dengan menekankan pada inovasi dan branding agar dapat meningkatkan kinerja. Inovasi
dapat dilakukan dengan menekankan pada inovasi tempat, inovasi produk, dan inovasi kemasan.
Branding dapat dilakukan dengan branding perusahaan, branding produk dan branding pengguna.
Penekanan pada strategi inovasi dan branding akan dapat meningkatkan daya saing usaha kecil produk
bioteknologi dari aspek kinerja yang diukur melalui pertumbuhan penjualan, pertumbuhan keuntungan
dan pangsa pasar.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7302]