Pengembangan E-Book Sejarah Indonesia Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Menggunakan Model ASSURE
Abstract
Pembelajaran sejarah yang berdasarkan kurikulum 2013 bertujuan untuk
memberikan pengetahuan tentang bangsa serta kemampuan dalam
mengembangkan kehidupan pribadi peserta didik, masyarakat, dan bangsa.
Rangkaian peristiwa sejarah mengandung nilai karakter yang menjadi kekuatan
penentu nasib Indonesia di kemudian hari. Salah satunya karakter kemandirian
yang dijadikan pelindung dari kemorosotan moral remaja. Berdasarkan data
lapangan pada 3 SMA Negeri di Kabupaten Jember diketahui beberapa
permasalahan yang dihadapi diantaranya: (1) belum maksimalnya implementasi
kurikulum 2013 terhadap mata pelajaran sejarah terutama pengembangan materi;
(2) terbatasnya bahan ajar tentang materi nilai Sumpah Pemuda dan maknanya
bagi kehidupan masa kini. Terbukti dari hasil kemampuan awal menunjukkan
36% peserta didik mengetahui materi dan 64% tidak mengetahui materi tersebut;
(3) rendahnya kemandirian peserta didik kelas XI yang hanya mencapai nilai
54%-56%, sehingga peserta didik memiliki tingkat kemandirian kurang baik.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap e-book Sejarah
Indonesia berbasis discovery learning menggunakan model ASSURE?; dan (2)
Bagaimana pengembangan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning
menggunakan model ASSURE dapat meningkatkan kemandirian peserta didik?.
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan: (1) menghasilkan e-book Sejarah
Indonesia berbasis discovery learning yang tervalidasi ahli isi bidang studi, ahli
bahasa, dan ahli desain pembelajaran; dan (2) menghasilkan e-book Sejarah
Indonesia berbasis discovery learning yang mampu meningkatkan kemandirian
peserta didik.