Show simple item record

dc.contributor.advisorUMAMAH, Nurul
dc.contributor.advisorPUJI, Rully Putri Nirmala
dc.contributor.authorWULANDARI, Hestik
dc.date.accessioned2019-08-14T06:59:10Z
dc.date.available2019-08-14T06:59:10Z
dc.date.issued2019-08-14
dc.identifier.nim150210302058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91769
dc.description.abstractPembelajaran sejarah yang berdasarkan kurikulum 2013 bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bangsa serta kemampuan dalam mengembangkan kehidupan pribadi peserta didik, masyarakat, dan bangsa. Rangkaian peristiwa sejarah mengandung nilai karakter yang menjadi kekuatan penentu nasib Indonesia di kemudian hari. Salah satunya karakter kemandirian yang dijadikan pelindung dari kemorosotan moral remaja. Berdasarkan data lapangan pada 3 SMA Negeri di Kabupaten Jember diketahui beberapa permasalahan yang dihadapi diantaranya: (1) belum maksimalnya implementasi kurikulum 2013 terhadap mata pelajaran sejarah terutama pengembangan materi; (2) terbatasnya bahan ajar tentang materi nilai Sumpah Pemuda dan maknanya bagi kehidupan masa kini. Terbukti dari hasil kemampuan awal menunjukkan 36% peserta didik mengetahui materi dan 64% tidak mengetahui materi tersebut; (3) rendahnya kemandirian peserta didik kelas XI yang hanya mencapai nilai 54%-56%, sehingga peserta didik memiliki tingkat kemandirian kurang baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning menggunakan model ASSURE?; dan (2) Bagaimana pengembangan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning menggunakan model ASSURE dapat meningkatkan kemandirian peserta didik?. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan: (1) menghasilkan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning yang tervalidasi ahli isi bidang studi, ahli bahasa, dan ahli desain pembelajaran; dan (2) menghasilkan e-book Sejarah Indonesia berbasis discovery learning yang mampu meningkatkan kemandirian peserta didik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150210302058;
dc.subjectDISCOVERY LEARNINGen_US
dc.subjectMODELASSUREen_US
dc.subjectE-BOOK SEJARAH INDONESIAen_US
dc.titlePengembangan E-Book Sejarah Indonesia Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Menggunakan Model ASSUREen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record