Peningkatan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Melalui Permainan Kartu Angka di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 (The Increased Numerical Skill Of Children In Group B Through a Numerical Card Game In Dharma Indria I Kindergarten Patrang Jember 2015/2016 Academic Year)
Date
2019-01-28Author
Hikmah, Qoyumil
Lathif, Misno A.
Khutobah, Khutobah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kegiatan pembelajaran di kelas yang masih belum efektif, akibatnya kemampuan berhitung
pada anak kelompok B relatif belum baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak
melalui permainan kartu angka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B berjumlah 30 anak yang terdiri atas 15 anak laki-laki dan 15
anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung pada anak kelompok B mengalami peningkatan dengan kualifikasi
sangat baik. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 58,3, pada siklus I 69,9, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,7.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]