• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Komparasi Akurasi Model Prediksi Kesulitan Keuangan Perusahaan Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi di Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    Nadia Azalia Putri - 160820101031.pdf (1.444Mb)
    Date
    2018-12-27
    Author
    PUTRI, Nadia Azalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan model reestimasi Altman (1968), Ohlson (1980), dam Zmijewski (1984) dalam memprediksi kesulitan keuangan perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi di Indonesia serta menentukan model reestimasi yang memiliki tingkat akurasi tertinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2016. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sebanyak 44 perusahaan pada tahun 2013 dan 50 perusahaan pada tahun 2014 digunakan sebagai sampel desain, sedangkan 51 perusahaan pada tahun 2015 dan 51 perusahaan pada tahun 2016 digunakan sebagai sampel validasi. Analisis diskriminan digunakan untuk mereestimasi model Altman (1968), analisis regresi logistik digunakan untuk mereestimasi model Ohlson (1980), dan analisis regresi probit digunakan untuk mereestimasi model Zmijewski (1984). Model yang dihasilkan oleh ketiga alat analisis tersebut yang dilakukan pada sampel desain kemudian divalidasi menggunakan sampel validasi (holdout sample) Variabel dependen yang digunakan pada ketiga model tersebut adalah status kesulitan keuangan perusahaan. Variabel independen yang digunakan pada model reestimasi Altman (1968) adalah WCTA, RETA, EBITTA, MVETL, dan ORTA. Variabel independen yang digunakan pada model reestimasi Ohlson (1980) adalah SIZE, TLTA, WCTA, CLCA, OENEG, NITA, FUTL, INTWO, dan CHIN. Sedangkan variabel independen yang digunakan pada model reestimasi Zmijewski adalah ROA, DR, dan CR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model reestimasi Altman (1968) mampu menjadi alat dalam memprediksi kesulitan keuangan perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi dengan tingkat akurasi sebesar 61,7%, 2) model reestimasi Ohlson (1980) mampu menjadi alat dalam memprediksi kesulitan keuangan perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi dengan tingkat akurasi sebesar 90,2%, 3) model reestimasi Zmijewski (1984) mampu menjadi alat dalam memprediksi kesulitan keuangan perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi dengan tingkat akurasi sebesar 79,4%, dan 4) model reestimasi Ohlson (1980) memiliki tingkat akurasi tertinggi (90,2%) dibandingkan model reestimasi Altman (1968), yaitu sebesar 61,7%, dan model reestimasi Zmijewski (1984), yaitu sebesar 79,4%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89226
    Collections
    • MT-Management [548]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository