• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PENEMUAN (DISCOVERY) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEBANG 03 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN

    Thumbnail
    View/Open
    Indah Maharani.pdf (184.6Kb)
    Date
    2013-12-14
    Author
    Indah Maharani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA seharusnya menjadi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa jadi sudah seharusnya disajikan menarik oleh guru. Pada intinya semua pembelajaran akan berhasil asalkan ada motivasi dari siswa untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sehingga diperlukan variasi dalam pembelajaran. Hal tersebut sepertinya tidak dirasakan oleh siswa kelas IV di SD Negeri Gebang 03. Berdasarkan data awal, selama ini pembelajaran IPA di SD Negeri Gebang 03 masih bersifat monoton dan kurang menarik. Akibatnya hasil belajar yang didapat tidak seperti yang diharapkan. Hal ini nampak pada hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Gebang 03 pada ulangan sebelumnya. Dimana dari 41 siswa, yang mencapai ketuntasan minimal hanya 14 siswa atau 34,1%, sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan itu ada 27 siswa atau 65,8%. Hasil wawancara awal yang melibatkan wakilas dan beberapa siswa menunjukkan kendala-kendala pembelajaran IPA yang terlihat di kelas kelas IV SD Negeri Gebang 03 adalah sebagai berikut : (1) Model pembelajaran yang digunakan guru pada umumnya masih bersifat konvensional (berpusat pada guru bukan pada murid), (2) Guru masih mengalami kesulitan dalam mengaktifkan siswa untuk terlibat langsung dalam proses penggalian dan penelaahan bahan pelajaran, (3) Materi yang diajarkan hanya berdasarkan buku dan bukan dari pengalaman siswa, (4) Penghargaan yang diberikan guru kepada siswa kurang, (5) Siswa adalah penerima informasi secara pasif dan siswa memperoleh informasi hanya dari guru, (6) Tidak mengoptimalkan media pembelajaran yang ada dilingkungan sekitar, (7) Guru adalah penentu jalanya proses pembelajaran. ix Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran khusus yang mampu memotivasi siswa dalam pembelajaran sehingga aktivitas siswa dan hasil belajara yang diharapkan tercapai. Model pembelajaran itu seperti model discovery (Penemuan). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery (penemuan) terhadap. (1) peningkatan aktivitas siswa kelas IV SD Negeri 03 belajar IPA pokok bahasan Eneri Panas dan Energi Bunyi, (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 03. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai model pembelajaran yang mampu meningkatan hasil belajar siswa dan meningkatkan aktivitas sehingga pembelajaran yang berlangsung akan lebih bermakna. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Dimana siklus I diperoleh data aktivitas siswa sebesar 64,6%, sedangkan nilai pre tes sebelum tindakan dan nilai post tes siswa mengalami peningkatan sebesar 51%. Pada siklus II aktivitas siswanya meningkat menjadi 74,2%. Hasil belajar yang di peroleh 77%. Akan tetapi belum memenuhi pencaaian peningkatan hasil belajar IPA yang diinginkan di SD Negeri Gebang 03 yaitu sebesar 85%. Penelitian dilanjutkan pada siklus yang ke III dimana pada siklus ini aktivitas siswanya meningkat menjadi 82,4% dan hasil belajar yang diperoleh 90%. Dari data analisis rata-rata aktivitas siswa dari siklus I, siklus II dan siklus III sebesar 73 % berdasarkan tabel 3.1 dapat dikategorikan sangat aktiv. Sedangkan peningkatan hasil belajar secara klasikal sebesar 90% berdasarkan tabel 3.2 dikategorikan sangat baik. Penerapan model penemuan (discovery) pada pembelajaran IPA terbukti membuat siswa senang, semangat, aktif dan mampu meningkatkan ketrampilan sosial siswa selama pembelajaran. Meningkatnya aktivitas siswa selama pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Aktivitas siswa yang tinggi selama pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini mendukung teori yang diberikan oleh Nasution (2000:89-91) bahwa dengan aktivitas belajar yang baik akan memberikan hasil belajar yang baik..
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8839
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository