Upaya Guru Dalam Menanamkan Perilaku Baik Sebagai Cerminan Akhlak Mulia Pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Jelbuk
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pada tahap awal proses penanaman
akhlak, anak-anak diperkenalkan pada tatanan hidup dalam bermasyarakat, yaitu
akhlak terhadap sesama dan akhlak terhadap lingkungan.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut, maka rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya guru dalam
menanamkan perilaku akhlak mulia terhadap sesama dan terhadap lingkungan
kelompok B TK Dharma Wanita Jelbuk Kabupaten Jember tahun pelajaran
2017/2018.
Jenis Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian deskriptif
kualitatif dengan model interaktif. Subjek penelitian adalah seluruh anak
kelompok B di TK Dharma Wanita Jelbuk dengan jumlah 20 anak. Penelitian ini
dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2018 hingga tanggal 26 Februari 2018
dengan jumlah pertemuan sebanyak 12 kali pertemuan. Kegiatan tersebut
meliputi: observasi lingkungan TK Dharma Wanita, pembagian lembar
wawancara guru dan kepala sekolah, wawancara guru kelompok B, wawancara
kepala sekolah, observasi guru berkaitan dengan data penelitian, observasi
kegiatan anak, observasi pengetahuan anak dan dokumentasi. Situasi sosial pada
lingkungan di sekitar TK Dharma Wanita yaitu masyarakat mayoritas menggunakan bahasa Madura dalam kesehariannya ada juga yang berbahasa Jawa
dan bahasa Indonesia.
Hasil penelitian yang dilaksanakan di TK Dharma Wanita berkaitan
dengan menanamkan akhlak mulia atau perilaku baik kepada anak yaitu ada dua
variabel akhlak anak terhadap sesama dan akhlak anak terhadap lingkungan,
terdapat 4 kegiatan dalam menanamkan perilaku baik sebagai cerminan akhlak
mulia yaitu yang pertama pengetahuan anak terhadap perilaku akhlak mulia
(sesama), kedua pengetahuan anak terhadap perilaku akhlak mulia (lingkungan),
ketiga perilaku baik dan nilai-nilai agama bagi anak dan yang keempat
pengembangan bakat dan kreatifitas anak dalam berperilaku baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat disampaikan yaitu
anak perlu memahami pengetahuan tentang akhlak mulia dan berperilaku baik
guna menjadikan anak pribadi yang baik dan sholeh dalam berperilaku. Guru
hendaknya memperdalam keahlian dalam bidang agama sehingga mampu
mengajarkan anak tentang Perilaku Akhlak Mulia dengan lebih optimal dan
efektif serta dapat melibatkan orangtua jika diperlukan. Dukungan dari pihak
sekolah sangat diperlukan guna memberikan fasilitas yang memenuhi sehingga
guru dapat mengembangkan kemampuannya.