Show simple item record

dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.advisorAisiyah, Laily Nur
dc.contributor.authorNURCAHYA, Sri Intan
dc.date.accessioned2018-08-10T09:08:13Z
dc.date.available2018-08-10T09:08:13Z
dc.date.issued2018-08-10
dc.identifier.nim140210205075
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87019
dc.description.abstractPendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pada tahap awal proses penanaman akhlak, anak-anak diperkenalkan pada tatanan hidup dalam bermasyarakat, yaitu akhlak terhadap sesama dan akhlak terhadap lingkungan. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya guru dalam menanamkan perilaku akhlak mulia terhadap sesama dan terhadap lingkungan kelompok B TK Dharma Wanita Jelbuk Kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018. Jenis Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Subjek penelitian adalah seluruh anak kelompok B di TK Dharma Wanita Jelbuk dengan jumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2018 hingga tanggal 26 Februari 2018 dengan jumlah pertemuan sebanyak 12 kali pertemuan. Kegiatan tersebut meliputi: observasi lingkungan TK Dharma Wanita, pembagian lembar wawancara guru dan kepala sekolah, wawancara guru kelompok B, wawancara kepala sekolah, observasi guru berkaitan dengan data penelitian, observasi kegiatan anak, observasi pengetahuan anak dan dokumentasi. Situasi sosial pada lingkungan di sekitar TK Dharma Wanita yaitu masyarakat mayoritas menggunakan bahasa Madura dalam kesehariannya ada juga yang berbahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Hasil penelitian yang dilaksanakan di TK Dharma Wanita berkaitan dengan menanamkan akhlak mulia atau perilaku baik kepada anak yaitu ada dua variabel akhlak anak terhadap sesama dan akhlak anak terhadap lingkungan, terdapat 4 kegiatan dalam menanamkan perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia yaitu yang pertama pengetahuan anak terhadap perilaku akhlak mulia (sesama), kedua pengetahuan anak terhadap perilaku akhlak mulia (lingkungan), ketiga perilaku baik dan nilai-nilai agama bagi anak dan yang keempat pengembangan bakat dan kreatifitas anak dalam berperilaku baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat disampaikan yaitu anak perlu memahami pengetahuan tentang akhlak mulia dan berperilaku baik guna menjadikan anak pribadi yang baik dan sholeh dalam berperilaku. Guru hendaknya memperdalam keahlian dalam bidang agama sehingga mampu mengajarkan anak tentang Perilaku Akhlak Mulia dengan lebih optimal dan efektif serta dapat melibatkan orangtua jika diperlukan. Dukungan dari pihak sekolah sangat diperlukan guna memberikan fasilitas yang memenuhi sehingga guru dapat mengembangkan kemampuannya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectCerminan Akhlak Muliaen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.titleUpaya Guru Dalam Menanamkan Perilaku Baik Sebagai Cerminan Akhlak Mulia Pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Jelbuken_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record