Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Pada Bahasan Suhu dan Kalor Di SMA NU
Date
2018-08-06Author
Arifin, Zainal
Lesmono, Albertus Djoko
Maryani, Maryani
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam kegiatan pemebelajaran biasa digunakan bahan, salah satunya bahan ajar LKS. LKS yang biasa
digunakan dan beredar belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Dalam penerapan kurikulum
2013 yang berbasis saintifik diperlukan model pembelajaran yang tepat. LKS berbasis problem based
learning (PBL) pada pokok bahasan suhu dan kalor adalah solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari LKS berbasis PBL pada pokok bahasan
suhu dan kalor di SMA NU Genteng. Penelitian ini didasarkan pada model pengembangan Borg and
Gall yang dimodifikasi menjadi 4 langkah, yaitu: (1) Analisis awal-akhir, (2) Desain LKS, (3) validasi
dan revisi, (4) uji empiris dan revisi. Desain pemilihan test yang digunakan adalah One Group
Pretest-Posttest. Hasil dari nilai pre test dan pos test dijadikan dasar untuk menentukan peningkatan
hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar siswa yang diperoleh menggunakan LKS berbasis PBL pada
pokok bahasan suhu dan kalor di SMA NU Genteng adalah 0,7. Nilai 0,7 adalah termasuk kategori
tinggi, sehingga LKS berbasis PBL pada pokok bahasan suhu dan kalor bisa dikatakan efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]