Show simple item record

dc.contributor.authorArifin, Zainal
dc.contributor.authorLesmono, Albertus Djoko
dc.contributor.authorMaryani, Maryani
dc.date.accessioned2018-08-06T02:40:07Z
dc.date.available2018-08-06T02:40:07Z
dc.date.issued2018-08-06
dc.identifier.issn2527-5917
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86942
dc.descriptionProsiding SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2017en_US
dc.description.abstractDalam kegiatan pemebelajaran biasa digunakan bahan, salah satunya bahan ajar LKS. LKS yang biasa digunakan dan beredar belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Dalam penerapan kurikulum 2013 yang berbasis saintifik diperlukan model pembelajaran yang tepat. LKS berbasis problem based learning (PBL) pada pokok bahasan suhu dan kalor adalah solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari LKS berbasis PBL pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMA NU Genteng. Penelitian ini didasarkan pada model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 4 langkah, yaitu: (1) Analisis awal-akhir, (2) Desain LKS, (3) validasi dan revisi, (4) uji empiris dan revisi. Desain pemilihan test yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Hasil dari nilai pre test dan pos test dijadikan dasar untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar siswa yang diperoleh menggunakan LKS berbasis PBL pada pokok bahasan suhu dan kalor di SMA NU Genteng adalah 0,7. Nilai 0,7 adalah termasuk kategori tinggi, sehingga LKS berbasis PBL pada pokok bahasan suhu dan kalor bisa dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectLKSen_US
dc.subjectPBLen_US
dc.subjectKeefektifanen_US
dc.titlePengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Pada Bahasan Suhu dan Kalor Di SMA NUen_US
dc.typeProsidingen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record