Pembelajaran Fisika Fluida Statis Melalui Model Project Based Learning Disertai Mind Map Di MAN 1 Jember
Abstract
Fisika merupakan ilmu yang mempelajari perilaku dan struktur materi
yang gejalanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran fisika
perlu diarahkan pada proses berpikir dan membutuhkan aktivitas siswa agar
belajar lebih bermakna. Hal ini sesuai dengan dengan implementasi kurikulum
2013 yang menuntut peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran, namun
metode yang digunakan pada saat ini masih belum memperhatikan aktivitas
peserta didik atau peserta didik belum terlibat langsung dalam pembelajaran..
Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif
melakukan kegiatan belajar bersama kelompok dengan bimbingan guru untuk
menemukan pengetahuan. Penerapan model pembelajaran tidak hanya untuk
mematuhi aturan tetapi juga memperhatikan beberapa faktor. Suatu model
pembelajaran jika tidak sesuai dengan karakteristik materi akan membuat tujuan
pembelajaran kurang tersampaikan. Pemahaman karakteristik materi sangat
diperlukan sebelum menentukan model pembelajaran yang digunakan. Model
project based learning disertai mind map adalah model pembelajaran yang
sintakmatiknya membuat peserta didik aktif dalam kegiatan belajar, dapat
mendorong kreativitas dan juga melatih siswa untuk dapat menganalisis konsep
dan dapat memecahkan masalah dengan cepat. Berdasarkan permasalahan diatas,
tujuan penelitan ini adalah mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama
menggunakan model project based learning disertai mind map dalam
pembelajaran fluida statis di MAN 1 Jember dan mengkaji pengaruh model
project based learning disertai mind map dalam pembelajaran fluida statis di
MAN 1 Jember terhadap hasil belajar siswa kelas XI.
ix
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
post-test only control design. Tempat penelitian ditentukan secara purposive
sampling area. Sampel penelitian ditentukan dengan cara cluster random
sampling. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri 1 Jember. Teknik
pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan
wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test
dengan bantuan SPSS 24 dan teknik deskriptif dengan persentase.
Hasil analisis data skor persentase aktivitas belajar siswa secara keseluruhan
diperoleh 66% atau aktivitas belajar siswa selama pembelajaran fisika fluida statis
Melalui model project based learning disertai mind map di MAN 1 Jember
termasuk dalam kategori aktif. Hal ini dikarenakan siswa dituntut untuk
melakukan seluruh kegiatan pembelajaran secara aktif dan mandiri. Hasil analisis
data hasil belajar diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau 0,000 ≤ 0,05. Jika
dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan, maka pembelajaran
fisika fluida statis melalui model project based learning disertai mind map di
MAN 1 Jember berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (H0 ditolak, Ha
diterima). Berdasarkan hasil uji analisis data, dapat disimpulkan: 1) Aktivitas
belajar siswa dalam pembelajaran fisika fluida statis melalui model project based
learning disertai mind map di MAN 1 Jember termasuk dalam kriteria aktif; 2)
Pembelajaran fisika fluida statis melalui model project based learning disertai
mind map berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa di
kelas XI MAN 1 Jember.