Show simple item record

dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.advisorSubiki
dc.contributor.authorSa’adah, Aprilia Dwi Lutfiatus
dc.date.accessioned2018-05-17T03:49:28Z
dc.date.available2018-05-17T03:49:28Z
dc.date.issued2018-05-17
dc.identifier.nimNIM130210102099
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85730
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu yang mempelajari perilaku dan struktur materi yang gejalanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran fisika perlu diarahkan pada proses berpikir dan membutuhkan aktivitas siswa agar belajar lebih bermakna. Hal ini sesuai dengan dengan implementasi kurikulum 2013 yang menuntut peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran, namun metode yang digunakan pada saat ini masih belum memperhatikan aktivitas peserta didik atau peserta didik belum terlibat langsung dalam pembelajaran.. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif melakukan kegiatan belajar bersama kelompok dengan bimbingan guru untuk menemukan pengetahuan. Penerapan model pembelajaran tidak hanya untuk mematuhi aturan tetapi juga memperhatikan beberapa faktor. Suatu model pembelajaran jika tidak sesuai dengan karakteristik materi akan membuat tujuan pembelajaran kurang tersampaikan. Pemahaman karakteristik materi sangat diperlukan sebelum menentukan model pembelajaran yang digunakan. Model project based learning disertai mind map adalah model pembelajaran yang sintakmatiknya membuat peserta didik aktif dalam kegiatan belajar, dapat mendorong kreativitas dan juga melatih siswa untuk dapat menganalisis konsep dan dapat memecahkan masalah dengan cepat. Berdasarkan permasalahan diatas, tujuan penelitan ini adalah mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama menggunakan model project based learning disertai mind map dalam pembelajaran fluida statis di MAN 1 Jember dan mengkaji pengaruh model project based learning disertai mind map dalam pembelajaran fluida statis di MAN 1 Jember terhadap hasil belajar siswa kelas XI. ix Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian post-test only control design. Tempat penelitian ditentukan secara purposive sampling area. Sampel penelitian ditentukan dengan cara cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri 1 Jember. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS 24 dan teknik deskriptif dengan persentase. Hasil analisis data skor persentase aktivitas belajar siswa secara keseluruhan diperoleh 66% atau aktivitas belajar siswa selama pembelajaran fisika fluida statis Melalui model project based learning disertai mind map di MAN 1 Jember termasuk dalam kategori aktif. Hal ini dikarenakan siswa dituntut untuk melakukan seluruh kegiatan pembelajaran secara aktif dan mandiri. Hasil analisis data hasil belajar diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau 0,000 ≤ 0,05. Jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan, maka pembelajaran fisika fluida statis melalui model project based learning disertai mind map di MAN 1 Jember berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (H0 ditolak, Ha diterima). Berdasarkan hasil uji analisis data, dapat disimpulkan: 1) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika fluida statis melalui model project based learning disertai mind map di MAN 1 Jember termasuk dalam kriteria aktif; 2) Pembelajaran fisika fluida statis melalui model project based learning disertai mind map berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa di kelas XI MAN 1 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102099;
dc.subjectPembelajaran Fisikaen_US
dc.subjectMind Mapen_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.titlePembelajaran Fisika Fluida Statis Melalui Model Project Based Learning Disertai Mind Map Di MAN 1 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record