ANALISIS INTENSITAS MEDAN MAGNET EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) DAN MEDAN LISTRIK DI WARUNG INTERNET (WARNET) GAME ONLINE
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji intensitas medan magnet dan
medan listrik di warnet, mengetahui intensitas rata-rata paparan medan magnet dan
medan listrik pada pengguna warnet, dan mengetahui pengaruh jumlah pengguna
komputer di warnet terhadap intensitas radiasi medan listrik dan medan magnet.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penentuan sampel
menggunakan metode purposive sampling. Lokasi penelitian dilakukan di tiga
sampel warnet yaitu Warnet Accurate.net, Warnet Helmi Komputer, dan Warnet
Titan Game. Masing-masing diukur intensitas medan magnet dan medan listriknya
pada ketinggian 0,5 m dan 1 m. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan
bantuan software Microsoft Office Exel, dan IBM SPSS 23.
Pengambilan data dilakukan dalam tiga kondisi, yakni Kondisi pertama (K1)
yakni saat semua komputer pada warnet tersebut dalam posisi off dan tidak ada
pengguna dalam ruangan. Kondisi kedua (K2) yakni saat semua komputer pada
warnet tersebut dalam keadaan on namun tidak ada pengguna dalam ruangan.
Kodisi ketiga (K3) yakni saat semua komputer pada warnet tersebut dalam keadaan
on dan banyak pengguna dalam ruangan. Hasil data yang diperoleh secara
keseluruhan memiliki nilai yang berbeda di tiap warnet. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengukuran pada kondisi 3 (K3) memiliki nilai yang paling
besar dibandingkan kondisi lainnya. Selain itu, pengukuran pada ketinggian 0,5 m
menunjukkan nilai rata-rata terbesar untuk semua kondisi pengukuran yakni 0,345
μT dan 106,631 V/m pada K1; 1,886 μT dan 226,389 V/m pada K2; dan 4,626 μT
dan 450,018 V/m pada K3. Terjadinya kenaikan intensitas medan magnet dan
medan listrik di warnet dilihat dari peningkatan intensitas medan magnet dan medan
listrik di tiap kondisi. Selain itu, nilai intensitas medan magnet dan medan listrik
mengalami penurunan pada jarak yang semakin jauh dari sumber.
Kesimpulan Penelitian yang telah dilakukan yakni intensitas medan magnet
dan medan listrik di warnet game online mengalami peningkatan akibat semakin
banyak pengoperasian komputer dalam satu ruangan. Nilai ambang batas yang telah
ditetapkan oleh badan kesehatan internasional WHO untuk intensitas medan listrik
adalah 1000 V/m dan untuk intensitas medan magnet adalah 500 μT. Sehingga
menurut nilai ambang batas tersebut, intensitas medan listrik dan medan magnet di
tiga warnet masih berada di bawah nilai ambang batas yang artinya masih dalam
kondisi aman dari efek biologis. Jumlah pengguna komputer di tiap warnet berbeda.
Hal ini menyebabkan nilai intensitas medan listrik dan medan magnet yang berbeda
pula. Semakin banyak penggunaan komputer, maka semakin besar pula intensitas
radiasi medan listrik dan medan magnet, begitupun sebaliknya.