Show simple item record

dc.contributor.advisorSUDARTI
dc.contributor.advisorHARIJANTO, Alex
dc.contributor.authorDAMARANI, Qorifa
dc.date.accessioned2018-03-27T01:09:49Z
dc.date.available2018-03-27T01:09:49Z
dc.date.issued2018-03-27
dc.identifier.nimNIM130210102103
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84912
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji intensitas medan magnet dan medan listrik di warnet, mengetahui intensitas rata-rata paparan medan magnet dan medan listrik pada pengguna warnet, dan mengetahui pengaruh jumlah pengguna komputer di warnet terhadap intensitas radiasi medan listrik dan medan magnet. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Lokasi penelitian dilakukan di tiga sampel warnet yaitu Warnet Accurate.net, Warnet Helmi Komputer, dan Warnet Titan Game. Masing-masing diukur intensitas medan magnet dan medan listriknya pada ketinggian 0,5 m dan 1 m. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software Microsoft Office Exel, dan IBM SPSS 23. Pengambilan data dilakukan dalam tiga kondisi, yakni Kondisi pertama (K1) yakni saat semua komputer pada warnet tersebut dalam posisi off dan tidak ada pengguna dalam ruangan. Kondisi kedua (K2) yakni saat semua komputer pada warnet tersebut dalam keadaan on namun tidak ada pengguna dalam ruangan. Kodisi ketiga (K3) yakni saat semua komputer pada warnet tersebut dalam keadaan on dan banyak pengguna dalam ruangan. Hasil data yang diperoleh secara keseluruhan memiliki nilai yang berbeda di tiap warnet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran pada kondisi 3 (K3) memiliki nilai yang paling besar dibandingkan kondisi lainnya. Selain itu, pengukuran pada ketinggian 0,5 m menunjukkan nilai rata-rata terbesar untuk semua kondisi pengukuran yakni 0,345 μT dan 106,631 V/m pada K1; 1,886 μT dan 226,389 V/m pada K2; dan 4,626 μT dan 450,018 V/m pada K3. Terjadinya kenaikan intensitas medan magnet dan medan listrik di warnet dilihat dari peningkatan intensitas medan magnet dan medan listrik di tiap kondisi. Selain itu, nilai intensitas medan magnet dan medan listrik mengalami penurunan pada jarak yang semakin jauh dari sumber. Kesimpulan Penelitian yang telah dilakukan yakni intensitas medan magnet dan medan listrik di warnet game online mengalami peningkatan akibat semakin banyak pengoperasian komputer dalam satu ruangan. Nilai ambang batas yang telah ditetapkan oleh badan kesehatan internasional WHO untuk intensitas medan listrik adalah 1000 V/m dan untuk intensitas medan magnet adalah 500 μT. Sehingga menurut nilai ambang batas tersebut, intensitas medan listrik dan medan magnet di tiga warnet masih berada di bawah nilai ambang batas yang artinya masih dalam kondisi aman dari efek biologis. Jumlah pengguna komputer di tiap warnet berbeda. Hal ini menyebabkan nilai intensitas medan listrik dan medan magnet yang berbeda pula. Semakin banyak penggunaan komputer, maka semakin besar pula intensitas radiasi medan listrik dan medan magnet, begitupun sebaliknya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102103;
dc.subjectEXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF)en_US
dc.subjectWARUNG INTERNET (WARNET)en_US
dc.titleANALISIS INTENSITAS MEDAN MAGNET EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) DAN MEDAN LISTRIK DI WARUNG INTERNET (WARNET) GAME ONLINEen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record