APLIKASI PENERAPAN UNSUR-UNSUR PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN OLEH – OLEH KHAS JEMBER DI TOKO “PRIMADONA”
Abstract
Sudah menjadi kebiasaan setiap orang yang datang ke suatu kota untuk membeli makanan khas daerah
sebagai oleh-oleh bagi teman dan keluarganya. Hal ini membuat sebagian pengusaha tertarik untuk
berbisnis toko oleh-oleh khas daerah. Membuka bisnis makanan khas daerah merupakan peluang bisnis
makanan yang cukup menggiurkan, keuntungan yang didapat sangat besar. Apalagi pada hari libur,
omset penjualan akan melonjak tinggi dari pada hari sebelumnya. Selain mudah di kelola, bisnis
makanan khas daerah ini juga mudah mencari produsen makanan- makanan tersebut yang biasanya juga
ada di kota yang sama.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Omzet
Penjualan Oleh – Oleh Khas Di Toko Primadona. Subjek penelitiannya adalah Pemilik Toko Primadona
dan staff karyawan Toko Primadona. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode
wawancara, metode observasi, dan metode dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran untuk meningkatkan omzet penjualan
oleh – oleh khas di toko “Primadona” menggunakan 4 bauran pemasaran, yaitu:
(1) bauran produk; (2) bauran harga; (3) bauran tempat / distribusi; dan (4) bauran promosi.
Toko Primadona menerapkan bauran pemasaran untuk meningkatkan omzet penjualannya yang membuat Toko
Primadona mampu bertahan dan berkembang dalam bisnis oleh-oleh khas daerah di bandingkan para
pesaingnya. Bauran produk yang diterapkan oleh Toko Primadona terdiri dari macam-macam produk yang
dijual baik itu hasil produksisendiri maupun hasil produsen lain, kualitas produk yang dihasilkan,
packaging produk yang khas dan berbeda dibandingkan produk lainnya, merk dagang produk atau
trademark yang membuatnya gampang di ingat oleh konsumen.
Bauran harga yang merupakan salah satu kunci keberhasilan Toko Primadona. Penentuan standart harga
dan pemberian diskon juga mempengaruhi jumlah konsumen yang akna berbelanja.
Bauran tempat / distribusi juga menjadi salah satu factor keberhasilan Toko Primadona dalam
meningkatkan omzet penjualannya. Dalam menentukan lokasi penjualan, Toko Primadona benar-benar
memilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen.
Dan yang terakhir bauran promosi merupakan salah satu kunci keberhasilan Toko Primadona. Jika toko
lainnya hanya mengandalkan banner didepan toko saja, Toko Primadona seangkah lebih maju dalam
menjaring calon konsumen yaitu dengan menggunakan media cetak maupun media elektronik dalam
mempromosikan produknya, sehingga info mengenai Toko Primadona bisa diakses oleh siapa saja dan
dimana saja.