• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING (REACT) DENGAN SIMULASI VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN KELAS X SMAN 2 JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    Firdha Choirun Nisa - 130210102108_.pdf (1.260Mb)
    Date
    2017-10-19
    Author
    NISA, Firdha Choirun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dengan simulasi virtual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika di SMA ; dan (2) Mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dengan simulasi virtual terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pemilihan tempat ditentukan menggunakan purposive sampling area. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Jember. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode cluster random sampling yang sebelumnya dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu. Desain penelitian ini menggunakan Post-test Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 24. Data untuk rumusan masalah pertama didapatkan melalui post-test pada akhir pembelajaran. Sedangkan data untuk rumusan masalah kedua didapatkan melalui observasi oleh observer. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test untuk kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh hasil bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak, yang berarti bahwa model pembelajaran kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dengan simulasi virtual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol). Sedangkan hasil uji Independent Sample T-Test terhadap aktivitas belajar siswa diperoleh hasil bahwa (H0) ditolak, yang berarti model pembelajaran kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dengan simulasi virtual berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa (aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol). Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Model Pembelajaran Kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dengan Simulasi Virtual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; dan (2) Model Pembelajaran Kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) dengan Simulasi Virtual berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82238
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository