PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI SDN 03 GAMBIRAN BANYUWANGI
Abstract
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut
a. Penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gambiran 03 Banyuwangi pokok bahasan cara pencegahan kerusakan lingkungan. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 64,72 % mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 70,83%.
b. Penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gambiran 03 Banyuwangi pokok bahasan cara pencegahan kerusakan lingkungan. Rata rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71,4mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77,94.