• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV DI SDN PATRANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Tri Fantovi Yahya - 130210204100_.pdf (3.244Mb)
    Date
    2017-08-03
    Author
    YAHYA, Tri Fantovi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah metode random sampling dengan teknik undian. Hasilnya yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Kemudian dilakukan uji t antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai selisih antara post-test dan pre-test. Hasil belajar afektif dan kognitif siswa yang menerapkan metode pembelajaran bermain peran mempunyai rata-rata sebesar 11,89 dan 20,44, sedangkan hasil belajar afektif dan kognitif siswa tanpa menerapkan metode bermain peran rata-rata sebesar 7,66 dan 9,06. Hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 20, pada ranah afektif diperoleh thitung sebesar 5,514 dan pada ranah kognitif diperoleh thitung sebesar 7,364. Hasil thitung tersebut dicocokkan pada ttabel = 1,997 dengan taraf signifikansi 5%. Dari penghitungan uji t pada ranah afektif dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (5,514 > 1,997), sedangkan penghitungan uji t pada ranah kognitif dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (7,364 > 1,997), sehingga nilai thitung lebih besar dari pada ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dan pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada kelas yang tidak menggunakan metode bermain peran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Patrang 01 Jember. Metode bermain peran ini diharapkan menjadi metode alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah agar tercipta suasana pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Dalam penerapan metode bermain peran diharapkan guru dapat mendesain teks drama yang menarik untuk siswa dan membentuk kelompok secara heterogen agar kemampuan siswa pada masing-masing kelompok merata.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80676
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository