MODEL INOVASI SISTEM PEMASARAN PERBANKAN SYARIAH BERBASIS FLOATING MARKET UNTUK PENCIPTAAN DAYA SAING
View/ Open
Date
2017-02-22Author
Tobing, Diana Sulianti Kristina
Fathorrazi, Moehammad
Wulandari, Gusti Ayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemerintah dalam menerapkan kebijakan dual banking system pada
kenyataannya masih belum terrealisasikan, padahal potensi pasar cukup besar
disertai banyaknya bank syariah yang didirikan. Salah satu solusi yang ditawarkan
adalah inovasi sistem pemasaran perbankan syariah dengan basis floating market.
Tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi perilaku spiritual dan floating
market dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah
dalam memilih bank syariah berdasarkan sifat pribadi dan sosial. Populasi
penelitian adalah nasabah bank syariah yang terdapat di wilayah Jember,
Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi dengan jumlah sampel 200 orang. Metode
penelitian menggunakan analisis regresi logistik.
Hasil yang dicapai adalah nasabah mayoritas berjenis kelamin perempuan,
pada usia produktif, dan karyawan. Mayoritas nasabah adalah pada kelompok yang
berhubungan dengan bank syariah dan konvensional.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]