Show simple item record

dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut
dc.contributor.advisorIndrawati
dc.contributor.authorAryanti, Agusta Ayudya
dc.date.accessioned2017-01-18T01:30:33Z
dc.date.available2017-01-18T01:30:33Z
dc.date.issued2017-01-18
dc.identifier.nim090210102070
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78776
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua adalah analisis deskriptif. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media LKS berbasis multirepresentasi diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1-tailed) maka nilai Sig. (p-value) dibagi 2 sehingga p-value sebesar 0,0005. Karena Sig. (1-tailed) = 0,0005 lebih kecil dari α = 0,05, maka Ha diterima, sehingga nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa dengan model Pembelajarn Kooperatif tipe STAD disertai LKS berbasis Multirepresentasi dengan model pembelajaran langsung. Rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada kelas eksperimen adalah 89,53 jika di konsultasikan pada kriteria aktivitas belajar siswa, aktivitas belajar siswa selama menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD disertai media LKS berbasis Multirepresentasi tergolong sanggat tinggi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) disertai model LKS Berbasis Multirepresentasi pada pembelajaran fisika di SMA. (2) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) disertai media LKS berbasis multirepresentasi adalah kategori baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division)en_US
dc.subjectMedia LKS Berbasis Multirepresentasien_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Division)DISERTAI MEDIA LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record