• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Darus Sholah Jember Tahun Ajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    YULIA HANDRIANI.odt (288.1Kb)
    Date
    2016
    Author
    Yulia Handriani
    Titik Sugiarti
    Susanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Darus Sholah Jember pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih berpusat kepada guru (Teacher Oriented) sehingga pembelajaran terkesan monoton dan membuat siswa kurang aktif karena aktivitas belajar siswa terbatas pada mendengarkan penjelasan guru, mencatat, dan mengerjakan tugas. Guru jarang menggunakan media atau alat peraga dalam kegiatan pembelajaran dan tidak membiasakan siswa untuk menghubungkan pengetahuan yang diperoleh dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), serta meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa rata-rata aktivitas siswa meningkat sebesar 10,3% dari 65,4% pada siklus I menjadi 75,7% pada siklus II. Demikian juga dengan skor rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 7,7 dari 68,7 pada siklus I menjadi 76,4 pada siklus II. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berjalan lancar dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Darus Sholah Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77600
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository