• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial SDN 2 Bulurejo Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    WIDYANING TYASTUTIK.odt (268.1Kb)
    Date
    2016
    Author
    Widyaning Tyastutik
    Muhtadi Irvan
    Yayuk Mardiati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial SDN 2 Bulurejo Banyuwangi. Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah disebabkan kurangnya variasi model yang digunakan guru dalam pembelajaran. Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pembelajaran yang menyajikan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari kemudian mencarikan solusi atas permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Bulurejo Banyuwangi tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 5 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Bulurejo Banyuwangi. Pada prasiklus rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 53,65% yang dikriteriakan cukup aktif dan meningkat menjadi 70,21% yang dikriteriakn aktif pada siklus I dan 85,83% yang dikriteriakan sangat aktif pada siklus II. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65% yang dikriteriakan cukup baik dan meningkat menjadi 74,67% yang dikriteriakan baik pada siklus I dan 82,87% yang dikriteriakan sangat baik pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76509
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository