PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS V SDN GRENDEN 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Hasil observasi awal pada siswa kelas V di SDN Grenden 01 Jember
diketahui bahwa bahwa guru kurang mengikutsertakan siswa dalam proses
pembelajaran dan lebih cenderung menggunakan metode ceramah sehingga siswa
merasa kesulitan untuk menguasai materi pelajaran, terasa jenuh untuk
menghafalkan materi yang ada dalam catatan karena terlalu banyak dan
membosankan sehingga membuat siswa malas untuk membaca. Untuk membantu
siswa meningkatkan daya ingat terhadap materi yang telah dicatat, maka
dibutuhkan suatu teknik mencatat yang efektif sehingga catatan yang dihasilkan
tidak membosankan. Salah satu teknik mencatat yang efektif adalah teknik Mind
Mapping (Peta Pikiran). Mind Mapping adalah teknik mencatat yang
menggabungkan kerjasama antara otak kanan dan otak kiri dimana mencatat
menjadi hal yang menyenangkan, menenangkan dan mampu mengasah kreativitas
siswa dengan menggunakan gambar, simbol, bentuk-bentuk, garis, dan warna
sehingga akan memudahkan siswa untuk memahami dan mengingat catatancatatan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana di
SDN Grenden 01 Jember semester genap tahun ajaran 2015/2016 melalui teknik
Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V melalui teknik Mind Mapping dalam pembelajaran IPA materi
pesawat sederhana di SDN Grenden 01 Jember semester genap tahun ajaran
2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Grenden 01 Jember dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 15
siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama sebanyak dua kali pertemuan dan
siklus kedua sebanyak dua kali pertemuan.
Pelaksanaan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran IPA materi pesawat
sederhana pada siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember berjalan sesuai dengan
rencana. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada prasiklus sebesar
58,26% yang termasuk kategori kurang baik, meningkat pada siklus 1 menjadi
68,96% dengan kategori cukup. Siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata
hasil belajar secara klasikal menjadi 81,17% dengan kategori sangat baik.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan teknik Mind Mapping
pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana dapat meningkatalan hasil
belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah untuk guru pembelajaran dengan
teknik Mind Mapping dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode dalam
pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, untuk
pihak sekolah teknik Mind Mapping dapat dijadikan salah satu referensi untuk
sekolah dalam meningkatkan kualitas mengajar guru disekolah, dan untuk peneliti
lain perlu diadakan penelitian dan pengembangan mengenai teknik Mind Mapping
agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.