• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SDN SIDOKERTO-SIDOARJO

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Mazidah - 090210204068_1.pdf (323.8Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Nur Mazidah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Saat ini, model pembelajaran di dunia pendidikan sudah banyak dikenal, terutama di kalangan pendidik. Salah satu alternatif model pembelajaran yang inovatif adalah Problem Based Learning Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area yaitu di SDN Sidokerto Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Subjek yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 44 siswa dari kelas IVA dan 42 siswa dari kelas IVB. Jumlah seluruh siswa kelas IV yang kurang dari 100, maka penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas berdasarkan nilai pre-test pokok bahasan sumber daya alam. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 0,871, selanjutnya harga dikonsultasikan dengan dengan harga dengan = 1 dan = 84 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan = 84 memiliki harga 1,99. Hasil tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum dilakukan penelitian homogen. Selanjutnya, kelas IVA ditentukan sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara random. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa siswa lebih senang aktif mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning Pengujian hipotesis jika > 0,05 maka ditolak, jika < 0,05 maka diterima. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh = 3,647 harga ini kemudian dikonsultasikan dengan dengan db=84, pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh = 1,99 sehingga > 0,05, dengan demikian hipotesis nihil IPA siswa kelas IV SDN Sidokerto-Sidoarjo ditolak dan hipotesis alternatif Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhyang signifikan dalam penerapan model Problem Based Learning 3,647. Diharapkan model Problem Based Learning
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7293
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository