Show simple item record

dc.contributor.authorNur Mazidah
dc.date.accessioned2013-12-10T03:32:43Z
dc.date.available2013-12-10T03:32:43Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090210204068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7293
dc.description.abstractSaat ini, model pembelajaran di dunia pendidikan sudah banyak dikenal, terutama di kalangan pendidik. Salah satu alternatif model pembelajaran yang inovatif adalah Problem Based Learning Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area yaitu di SDN Sidokerto Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Subjek yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 44 siswa dari kelas IVA dan 42 siswa dari kelas IVB. Jumlah seluruh siswa kelas IV yang kurang dari 100, maka penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas berdasarkan nilai pre-test pokok bahasan sumber daya alam. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 0,871, selanjutnya harga dikonsultasikan dengan dengan harga dengan = 1 dan = 84 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan = 84 memiliki harga 1,99. Hasil tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum dilakukan penelitian homogen. Selanjutnya, kelas IVA ditentukan sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara random. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa siswa lebih senang aktif mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning Pengujian hipotesis jika > 0,05 maka ditolak, jika < 0,05 maka diterima. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh = 3,647 harga ini kemudian dikonsultasikan dengan dengan db=84, pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh = 1,99 sehingga > 0,05, dengan demikian hipotesis nihil IPA siswa kelas IV SDN Sidokerto-Sidoarjo ditolak dan hipotesis alternatif Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhyang signifikan dalam penerapan model Problem Based Learning 3,647. Diharapkan model Problem Based Learningen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204068;
dc.subjectPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)en_US
dc.titleENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SDN SIDOKERTO-SIDOARJOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record