Show simple item record

dc.contributor.authorMAKSABATUS SYAHIQOH
dc.date.accessioned2013-12-10T02:28:48Z
dc.date.available2013-12-10T02:28:48Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210402114
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7128
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh belum memadainya kemampuan siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin dalam menulis karangan argumentasi. Pada umumnya kelemahan tersebut terletak pada pengungkapan pendapat, adanya bukti-bukti dalam mendukung pendapatnya, serta siswa kurang mampu mengembangkan karangannya. Hasilnya, penilaian terhadap tugas menulis karangan argumentasi yang dilakukan pada siswa kelas XI, diperoleh hasil bahwa 60% dari jumlah siswa memperoleh nilai di bawah 70 dan 40% siswa memperoleh di atas 70. Penilaian tugas tersebut didasarkan pada indikator yang terdapat di RPP meliputi adanya pendapat siswa, bukti-bukti pendukung gagasan, serta siswa mampu mengembangkan kerangka karangannya. Selain dari nilai yang diperoleh, ketidakmampuan siswa dalam menulis argumentasi dapat dilihat dari proses pembelajaran yang kurang efektif. Pertama, guru hanya menggunakan metode ceramah. Kedua, siswa cenderung diam dan tidak aktif. Ketiga, media yang digunakan dalam pembelajaran terbatas pada buku paket. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi maka diterapkan pembelajaran model Think Pair Share menggunakan media surat kabar. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi bagaimanakah proses penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al- Muttaqin Jember dan bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat viii kabar. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan yang ini dicapai adalah mendiskripsikan proses penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, dokumentasi, perekaman dan wawancara. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 21 Juli 2011 sampai dengan 30 Juli 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Al-Muttaqin Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402114;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF, MODELTHINK PAIRSHAREen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODELTHINK PAIRSHARE MENGGUNAKAN MEDIA SURAT KABAR UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWAKELAS XI SMK AL-MUTTAQIN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record