Pengembangan Paket Tes Berpikir Kreatif Matematis Tipe Problem Posing
View/ Open
Date
2015Author
M. Hapiz Yulia Saputra
Hobri
Arika Indah Kristiana
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan berupa kisi-kisi tes, paket tes, alternatif
jawaban, rubrik penskoran, dan angket berpikir kreatif. Paket tes yang dikembangkan terdiri atas 2 paket. Masing-masing
paket terdapat 4 informasi. Setiap informasi berisi 3 perintah sesuai dengan indikator yang diinginkan, adapun indikator
yang ingin dimunculkan yaitu kelancaran (Fluency), keluwesan (Flexibility), dan kebaruan (Originality). Prosedur
pengembangan yang digunakan dalam panelitian ini adalah 4D-model. Sebelum paket tes ini diujikan, pertama-tama
dilakukan penilaian oleh 3 validator. Dari hasil penilaian para ahli ini diperoleh koefisien validitas 0,9055 untuk paket A
dan 0,9091 untuk paket B dengan interpretasi validitas sangat tinggi. Setelah paket tes dinyatakan valid maka dilakukan
uji keterbacaan. Uji coba ini dilakukan oleh 6 siswa dengan cara mengoreksi kalimat yang digunakan dalam soal. Setelah
uji keterbacaan, tahap selanjutnya adalah uji coba di kelas besar. Hasil dari uji coba kelas besar ini dianalisis secara
kuantitatif. Analisis yang dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas, uji daya beda, dan tingkat kesukaran. Hasil uji
validitas pada paket A yaitu, 8 soal dengan validitas tinggi, 3 soal dengan validitas sedang, dan 1 soal dengan validitas
sangat rendah. Pada paket A menunjukkan reliabilitas tinggi dengan koefisien 0,69854. Hasil analisis daya beda pada
paket A menunjukkan 7 soal dengan kategori cukup dan 5 soal dengan kategori jelek. Hasil analisis tingkat kesukaran
menunjukkan 7 soal dengan level sedang dan 5 soal dengan level sukar. Hasil analisis data pada paket B diperoleh 1 soal
dengan validitas sedang, 9 soal dengan validitas tinggi, dan 2 soal dengan validitas sangat tinggi. Reliabilitas untuk paket
B menunjukkan interpretasi sangat tinggi dengan nilai 0,8413. Hasil analisis tingkat kesukaran menunjukkan 7 soal
dengan level sukar dan 5 soal dengan level sedang. Hasil analisis daya beda menunjukkan 2 soal dengan kategori jelek, 6
soal dengan kategori cukup, dan 4 soal dengan kategori baik. Pada penelitian ini hanya dilakukan satu kali uji coba karena
faktor terbatasnya waktu uji coba, tetapi dari hasil analisis masing-masing paket maka dapat disimpulkan bahwa paket tes
ini sudah dapat digunakan.
Collections
- SRA-Education [1352]