Show simple item record

dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.advisorArika Indah Kristiana
dc.contributor.authorM. Hapiz Yulia Saputra
dc.contributor.authorHobri
dc.contributor.authorArika Indah Kristiana
dc.date.accessioned2015-12-22T07:26:55Z
dc.date.available2015-12-22T07:26:55Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68439
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan berupa kisi-kisi tes, paket tes, alternatif jawaban, rubrik penskoran, dan angket berpikir kreatif. Paket tes yang dikembangkan terdiri atas 2 paket. Masing-masing paket terdapat 4 informasi. Setiap informasi berisi 3 perintah sesuai dengan indikator yang diinginkan, adapun indikator yang ingin dimunculkan yaitu kelancaran (Fluency), keluwesan (Flexibility), dan kebaruan (Originality). Prosedur pengembangan yang digunakan dalam panelitian ini adalah 4D-model. Sebelum paket tes ini diujikan, pertama-tama dilakukan penilaian oleh 3 validator. Dari hasil penilaian para ahli ini diperoleh koefisien validitas 0,9055 untuk paket A dan 0,9091 untuk paket B dengan interpretasi validitas sangat tinggi. Setelah paket tes dinyatakan valid maka dilakukan uji keterbacaan. Uji coba ini dilakukan oleh 6 siswa dengan cara mengoreksi kalimat yang digunakan dalam soal. Setelah uji keterbacaan, tahap selanjutnya adalah uji coba di kelas besar. Hasil dari uji coba kelas besar ini dianalisis secara kuantitatif. Analisis yang dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas, uji daya beda, dan tingkat kesukaran. Hasil uji validitas pada paket A yaitu, 8 soal dengan validitas tinggi, 3 soal dengan validitas sedang, dan 1 soal dengan validitas sangat rendah. Pada paket A menunjukkan reliabilitas tinggi dengan koefisien 0,69854. Hasil analisis daya beda pada paket A menunjukkan 7 soal dengan kategori cukup dan 5 soal dengan kategori jelek. Hasil analisis tingkat kesukaran menunjukkan 7 soal dengan level sedang dan 5 soal dengan level sukar. Hasil analisis data pada paket B diperoleh 1 soal dengan validitas sedang, 9 soal dengan validitas tinggi, dan 2 soal dengan validitas sangat tinggi. Reliabilitas untuk paket B menunjukkan interpretasi sangat tinggi dengan nilai 0,8413. Hasil analisis tingkat kesukaran menunjukkan 7 soal dengan level sukar dan 5 soal dengan level sedang. Hasil analisis daya beda menunjukkan 2 soal dengan kategori jelek, 6 soal dengan kategori cukup, dan 4 soal dengan kategori baik. Pada penelitian ini hanya dilakukan satu kali uji coba karena faktor terbatasnya waktu uji coba, tetapi dari hasil analisis masing-masing paket maka dapat disimpulkan bahwa paket tes ini sudah dapat digunakan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectBerpikir Kreatif Matematisen_US
dc.subjectProblem Posingen_US
dc.titlePengembangan Paket Tes Berpikir Kreatif Matematis Tipe Problem Posingen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record