Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
View/ Open
Date
2015Author
YUNANDASARI, Febry Dwi
SURATNO
HARIANI, Sulifah Aprilya
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan assessment tipe soal
open ended di kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran tahun pelajaran 2014/2015. Bentuk penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya.
Tahapan satu siklus meliputi: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi
(reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh
dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan keterampilan
pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) dengan assessment tipe soal open ended di kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran tahun
pelajaran 2014/2015.
Collections
- SRA-Education [1352]