Show simple item record

dc.contributor.advisorSulifah Aprilya Hariani
dc.contributor.advisorSuratno
dc.contributor.authorFebry Dwi Yunandasari
dc.contributor.authorSuratno
dc.contributor.authorSulifah Aprilya Hariani
dc.date.accessioned2015-12-22T05:14:18Z
dc.date.available2015-12-22T05:14:18Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68413
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan assessment tipe soal open ended di kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran tahun pelajaran 2014/2015. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Tahapan satu siklus meliputi: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan assessment tipe soal open ended di kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran tahun pelajaran 2014/2015.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectProblem Based Learning (PBL),en_US
dc.subjectOpen-Endeden_US
dc.subjectpemecahan masalahen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) denganen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record