Pengaruh Pemberian Potongan Harga Terhadap Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel Kartika Wijaya Batu Malang
Abstract
Bidang usaha perhotelan merupakan salah satu komponen industri pariwisata
yang bcsar pcranannya dalarn perkernbangan kepariwisataan Indonesia. Ditengarai
bahwa pengeluaran keseluruhan dari wisatawan tcrutama wisatawan asing adalah
hiuyu pcngtnapnn Tujuan dan pcnclitian ini adalah untuk rnengetahui pelalksanaan
kebijaksanaan harga yang Lelah dilakukan olch perusahaan, untuk mengetahui
hubungan linear antara potongan harga ' dan volume hunian kamar dan untuk
mengetahui dcrajat huhungan ~aLU persatu variabel bebas dan variabel terikat atai
untuk mcngctahui kccratan hubungan antara potongan harga dcngan tingkat volume
hunian karnar. Penelitian mi dilaksanakan di Hotcl Kortika Wijaya Baru Malang,
jalan Panglima Sudirman 127 BaLLIMalang. Dilaksanakan mulai tanggal 15 .Iuni 2000
sarnpai dcngan tanggal 15 Agusius :WOO.
Rancangnn penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dan studi
kepustakaan Peneliuan survey adalah penelitian yang mengambil sam pel dari satu
populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok,
yang menjadi unit analise padapenclitian survey adalah individu. Studi kepustakaan
adalah pcngumpulan data dan informasi mclalui studi litcratur. Proscdur pcngambilan
data adalnh dcngan menggunakan metode observaasi, interview dan dokumentasi.
Alat analisrs yang digunakan ada.ah kualitatifdan kuantitatif
Pclaksanaan potongan ha~ga yang dilakukan olch hotel Kartika Wijaya Batu
Malang rnasih kuran vunauf schingga pcnjualan dari tahun keiahun semakin
mcnurun. Kebijaksanan potongan harga yang kurang bervariasi rneyebabkan
konsurncn tidak bcrrninat schingga akan lari kc l lotcl yang lain. Olch scbab itu Hotel
Karuka \Vljaya perlu rncnerapkan kebijaksanaan potongan harga yang bervariasi.
Masalah yang dihadapi olch pcrusahaan dapat diatasi dengan pclaksanaan
cummulative quantity discount dan non cumrnulative discount, hal ini perle
dilakukan untuk merangsang minat konsumen dan mernpertahankan langganan lama.
Scdangkan berdasarkan analrsis kuantiratif dipcroleb hasil bahwa potongan harga
mernpunyai hubungan yang kuat terhadap tingkat volume hunian karnar. Penetapan
potongan harga yang bervariasi mempunyai pengaruh yang besar terhdapa tingkat
volume hunian karnar, sehingga kebijaksanaan potongan yang bervariasi perlu
dilakukan dengan wfwkti f untuk meningkatkan penjualan.
Kebijaksanaan potongan harga perlu dilaksanakan sebagai kebijaksanaan
pendukung dalarn rangka untuk meningkatkan penjual.in dan potongan harga
rnernpunyai hubungan yang kuat dan berpengaruh terhadap tingkat volume human
karnar.