Show simple item record

dc.contributor.authorNurmara Natalia
dc.date.accessioned2013-12-09T03:55:04Z
dc.date.available2013-12-09T03:55:04Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210204184
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6604
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Setail Kabupaten Banyuwangi yang terdiri dari 30 siswa, 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen berdasarkan hasil pre test dan penilaian lain dari guru, untuk pembagian kelompok yang berikutnya didasarkan pada nomor undian yang mereka dapatkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi Dokumentasi, Observasi, Wawancara dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi dan wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis hasil tes individu. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 7 Maret 2011 sampai 24 Maret 2011 dengan subyuk penelitian siswa kelas V SDN 1 Setail Genteng Banyuwangi. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil tes individu pada saat penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan permainan Teka Teki Silang berlangsung. Hasil analisis pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 69,8% sedangkan secara kelompok mencapai 66,7%. Pada siklus II, aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 12,5% menjadi 82,3%. Sedangkan secara kelompok mengalami peningkatan sebesar 21% menjadi 87,7%. Analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus I (Post test I) mencapai 53,3%, pada siklus II mencapai 80%. Hal itu berarti ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 26,7%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, secara klasikal siswa kelas V mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan permainan teka teki silang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204184;
dc.subjectCooperative Learning Tipe Teams Game Tournament, Permainan Teka Teki Silangen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN PERMAINAN TEKA TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS (POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH di SDN 1 SETAIL KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record