Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Kecenderungan Keinginan Pemilihan Bidang Kerja Melalui Kepercayaan Diri Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh hard skill terhadap kepercayaan diri mahasiswa; untuk menganalisis pengaruh soft skill terhadap kepercayaan diri mahasiswa; untuk menganalisis pengaruh hard skill terhadap kecenderungan pemilihan bidang kerja pada mahasiwa; untuk menganalisis pengaruh soft skill terhadap kecenderungan pemilihan bidang kerja pada mahasiswa; untuk menganalisis pengaruh hard skill terhadap kecenderungan keinginan pemilihan bidang kerja melalui kepercayaan diri mahasiswa; untuk menganalisis pengaruh soft skill terhadap kecenderungan keinginan pemilihan bidang kerja melalui kepercayaan diri mahasiswa; untuk menganalisis pengaruh kepercayaan diri terhadap kecenderungan keinginan pemilihan bidang kerja pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan analisis data yaitu analisis jalur (Path Analysis). Dengan jumlah responden 75 mahasiswa. Dari hasil perhitungan analisis jalur, diketahui bahwa total pengaruh langsung variabel hard skill (X1) terhadap kepercayaan diri (Z) adalah sebesar 0,576 atau 57,6%. Total pengaruh langsung variabel soft skill (X2) terhadap kepercayaan diri (Z) adalah sebesar 0,406 atau 40,6%. Total pengaruh langsung variabel hard skill (X1) terhadap kecenderungan pemilihan bidang kerja (Y) adalah sebesar 0,585 atau 58,5%. Total pengaruh langsung variabel soft skill (X2) terhadap kecenderungan keinginan pemilihan bidang kerja (Y) adalah sebesar 0.327 atau 32,7%. Total pengaruh langsung variabel kepercayaan diri (Z) terhadap kecenderungan keinginan pemilihan bidang kerja (Y) adalah sebesar 0,714 atau 71,4%. Total pengaruh tidak langsung variabel hard skill (X1) melalui kepercayaan diri (Z) terhadap kecenderungan keinginan pemilihan bidang kerja (Y) adalah sebesar 0,205 atau 20,5%. Total pengaruh tidak langsung variabel soft skill (X2) melalui kepercayaan diri (Z) terhadap kecenderungan keinginan pemilihan bidang kerja (Y) adalah sebesar 0,145 atau 14,5%