• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERWRINGIN 03 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Muh. Eko Nurfianto.pdf (1.020Mb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    MUHAMMAD EKO NURFIANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan “bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar selama penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Assisted Individualization pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN. Sumberwringin 03 Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif model Teams Assisted Individualization mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN. Sumberwringin 03 Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011. Hipotesis yang diambil “Jika guru menerapkan pembelajaran kooperartif model Teams Assisted Individualization maka akan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN. Sumberwringin 03 Lumajang tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Sumberwringin 03 Kecamatan Klakah, dimulai pada tanggal 28 Mei 2011 sampai tanggal 1 Juni 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 22 anak, terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan dalam memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis pada aktifitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I memperhatikan pelajaran 72%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 69%, diskusi dalam kelompok 73%, memecahkan soal diskusi 68%, semangat dalam pembelajaran 72%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 77%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 74%, diskusi dalam kelompok 81%, memecahkan soal diskusi 72%, dan semangat dalam pembelajaran 77%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 60% dan siklus II secara klasikal sebesar 82%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif model Teams Assisted Individualization mata pelajaran IPS. Saran bagi guru, hendaknya lebih aktif melakukan inovasi pembelajaran agar siswa lebih bersemangat dan tidak kesulitan dalam proses pembelajaran. Saran bagi peneliti lainnya perlunya pelaksanaan penelitian lebih lanjut serta mengkombinasikan dengan metode yang lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6421
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository