Implementasi Metode Role Playing Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Ajung 03 Tahun Ajaran 2012/2013.
View/ Open
Date
2013Author
DESININGRUM, Linda
YULIATI, Nanik
SALEH, HM Umar
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Ajung 03 melalui metode role playing
dengan pokok bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara.
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 22 september 2012 sampai 02 Maret 2013. Subyek penelitian adalah siswa
kelas V dengan jumlah siswa 38 anak. Hasil dari penelitian ini pada aktivitas siswa secara klasikal siklus I sebesar
57,11% dan siklus II secara klasikal sebesar 69,26%. Sedangkan pada hasil belajar Siklus I yaitu 52,63% dan pada siklus
II mengalami peningkatan yaitu 76,31%. Berdasarkan hasil di atas dapat diketahui bahwa hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan metode role playing pada pembelajaran IPS terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Ajung 03. Hal ini dapat dibuktikan adanya peningkatan ketuntasan aktivitas
dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Collections
- SRA-Education [1352]