Show simple item record

dc.contributor.authorDesiningrum, Linda
dc.contributor.authorYuliati, Nanik
dc.contributor.authorHM Saleh, Umar
dc.date.accessioned2015-10-05T04:47:18Z
dc.date.available2015-10-05T04:47:18Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63859
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Ajung 03 melalui metode role playing dengan pokok bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 22 september 2012 sampai 02 Maret 2013. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 38 anak. Hasil dari penelitian ini pada aktivitas siswa secara klasikal siklus I sebesar 57,11% dan siklus II secara klasikal sebesar 69,26%. Sedangkan pada hasil belajar Siklus I yaitu 52,63% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 76,31%. Berdasarkan hasil di atas dapat diketahui bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode role playing pada pembelajaran IPS terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Ajung 03. Hal ini dapat dibuktikan adanya peningkatan ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesArtikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa;
dc.subjectmetode Role Playingen_US
dc.subjectPTKen_US
dc.subjectaktivitasen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.titleImplementasi Metode Role Playing Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Ajung 03 Tahun Ajaran 2012/2013.en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record