• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan

    Thumbnail
    View/Open
    APRILIA VINDI CAHYANING.pdf (461.7Kb)
    Date
    2014
    Author
    Aprilia Vindi Cahyaning, Aprilia
    Chumi Zahroul Fitriyah, Chumi
    Rahayu, Rahayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kebonsari 03 Jember dengan tujuan untuk m enerapkan metode sosiodrama agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat di SDN Kebonsari 03 Jember . Hal ini dikarenakan siswa masih kurang antusias dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran IPS seperti; dalam pembelajaran IPS siswa menunjukkan sikap yang pasif, misalnya kurang memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru dan jarang menanyakan materi yang belum mereka pahami, serta masih banyak siswa yang berbicara sendiri ketika pembelajaran berlangsung . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi angket dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, skor motivasi belajar siswa siklus I berdasarkan data angket 73,6 (kategori tinggi), mengalami peningkatan 5,7 pada siklus II menjadi 79,3 (kategori tinggi). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 70,8 (kategori baik) dan pada siklus II sebesar 80,4(kategori sangat baik).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63070
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository