Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan
View/ Open
Date
2014Author
Aprilia Vindi Cahyaning, Aprilia
Chumi Zahroul Fitriyah, Chumi
Rahayu, Rahayu
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kebonsari 03 Jember dengan tujuan untuk m enerapkan metode sosiodrama
agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah
sosial di lingkungan setempat di SDN Kebonsari 03 Jember . Hal ini dikarenakan siswa masih kurang antusias dan kurang
termotivasi dalam mengikuti pembelajaran IPS seperti; dalam pembelajaran IPS siswa menunjukkan sikap yang pasif,
misalnya kurang memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru dan jarang menanyakan materi yang belum mereka
pahami, serta masih banyak siswa yang berbicara sendiri ketika pembelajaran berlangsung . Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan siklus II terdiri dari
dua pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IV dengan jumlah 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi angket dan tes. Analisis data pada
penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, skor motivasi belajar siswa
siklus I berdasarkan data angket 73,6 (kategori tinggi), mengalami peningkatan 5,7 pada siklus II menjadi 79,3 (kategori
tinggi). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 70,8 (kategori baik) dan pada siklus II
sebesar 80,4(kategori sangat baik).
Collections
- SRA-Education [1352]