Show simple item record

dc.contributor.authorAprilia Vindi Cahyaning, Aprilia
dc.contributor.authorChumi Zahroul Fitriyah, Chumi
dc.contributor.authorRahayu, Rahayu
dc.date.accessioned2015-08-20T02:16:11Z
dc.date.available2015-08-20T02:16:11Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63070
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kebonsari 03 Jember dengan tujuan untuk m enerapkan metode sosiodrama agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat di SDN Kebonsari 03 Jember . Hal ini dikarenakan siswa masih kurang antusias dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran IPS seperti; dalam pembelajaran IPS siswa menunjukkan sikap yang pasif, misalnya kurang memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru dan jarang menanyakan materi yang belum mereka pahami, serta masih banyak siswa yang berbicara sendiri ketika pembelajaran berlangsung . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi angket dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, skor motivasi belajar siswa siklus I berdasarkan data angket 73,6 (kategori tinggi), mengalami peningkatan 5,7 pada siklus II menjadi 79,3 (kategori tinggi). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 70,8 (kategori baik) dan pada siklus II sebesar 80,4(kategori sangat baik).en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelas,en_US
dc.subjectMetode Sosiodramaen_US
dc.titlePenerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkanen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record