Show simple item record

dc.contributor.authorMayang Anggraeni, Mayang
dc.contributor.authorHari Satrijono, Hari
dc.contributor.authorSuhartiningsih
dc.date.accessioned2015-06-24T01:49:16Z
dc.date.available2015-06-24T01:49:16Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62697
dc.description.abstractMembaca menjadi salah satu kebutuhan yang sangat pokok dan tanpa membaca seseorang dapat melewatkan sesuatu yang penting dalam hidupnya. Mengingat begitu pentingnya peran membaca maka kemampuan membaca mutlak dikuasai oleh setiap individu . Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Membaca terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah membaca pemahaman. Membaca pemahaman dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode PQRST. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDN Mojosari 03 Puger Jember diterapkan metode PQRST dalam pembelajaran. Penerapan metode PQRST dibagi menjadi 2 siklus dengan siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 2 hanya 1 pertemuan. Siklus 1 pertemuan ke 1 merupakan tahap pengenalan metode PQRST kepada siswa dilanjutkan pada pertemuan ke 2 merupakan tahap tes untuk menguji pemahaman siswa. Siklus 2 yang merupakan pemantapan bagi siswa setelah menerapkan metode PQRST pada siklus 1. Ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode PQRST dari 56% pada pra siklus dengan 15 siswa tuntas dan 12 siswa tidak tuntas menjadi 81% pada siklus 1 dengan 22 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas . Selanjutnya, setelah melaksanakan siklus 2, diketahui adanya peningkatan hasil belajar dari 81% pada siklus 1 menjadi 93% pada siklus 2 dengan 25 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas .en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmembaca pemahamanen_US
dc.subjectmetode PQRSTen_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, & Test) pada Siswa kelas V SDN Mojosari 03 Puger Jember Tahun Pelajaran 2012/2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record