Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Pkk Pokok Bahasan Pengaruh Globalisasi Melalui Penerapan Pembelajaran Metode Cooperative Script dengan Menggunakan Media Gambar di Sdn Petung 2 Bondowoso Tahun Pembelajarn 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
Novi Indah Pratiwi, Novi
Imam Muchtar, Imam
Chumi Zahroul Fitriyah, Chumi
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar belakang diadakan penelitian di sekolah SDN Petung 2 Bondowoso pada pembelajaran PKn dikarenakan aktivitas
belajar siswa masih tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula . Penelitian ini
dilakukan di SDN Petung 2 Bondowoso. Dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan
sebanyak 2 siklus. Pembelajaran metode Cooperative Script dengan menggunakan media gambar yang bertujuan untuk
mengatasi masalah belajar di kelas IV SDN Petung 2 Bondowoso. Penerapan pembelajaran metode dan media tersebut
digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Petung 2
Bondowoso. Berdasarkan hasil observasi yang merupakan intrumen penilaian aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar
siswa yang merupakan intrumen penilaian hasil belajar, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa telah meningkat
pada setiap siklusnya. Dari analisis hasil observasi pada siklus 1 diperoleh data siswa yang aktif terhadap pembelajaran
yang telah dilakukan sebesar 69,27%, sedangkan pada siklus II diperoleh data siswa yang aktif sebesar 89,56%.
Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh data ketuntasan secara klasikal sebesar 56,52%,
sedangkan pada siklus II diperoleh data sebesar 82,61%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran metode Cooperative Script dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Petung 2 Bondowoso.
Collections
- SRA-Education [1352]