Hubungan antara Kegiatan Bermain dengan Perkembangan Emosi Anak Pada Kelompok Bermain PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso Tahun Pelajaran 2012-2013
Abstract
Kegiatan bermain akan mempengaruhi perkembangan emosi anak usia dini. Namun faktanya tidak semua
kegiatan bermain mempengaruhi perkembangan emosi anak, sehingga hasilnya apabila anak usia dini dapat melalui
kegiatan bermain dengan baik maka perkembangan emosi anak akan baik pula, begitu pula sebaliknya apabila mereka
tidak melalui kegiatan bermain tidak secara baik maka hasilnya akan tidak baik pula. Sehingga menimbulkan pertanyaan
adakah hubungan antara kegiatan bermain dengan perkembangan emosi anak pada kelompok bermain PAUD Terpadu
Ananda SKB Bondowoso tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan atau tidaknya
hubungan antara kegiatan bermain dengan perkembangan emosi anak pada kelompok bermain PAUD Terpadu Ananda
SKB Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan menggunakan data primer berupa observasi pada
40 kelompok bermain PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso, dan data sekunder berupa dokumentasi perkembangan
emosi. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive samplingdengan kriteria yaitu hadir pada saat
diadakan observasi secara langsung dilapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan perhitungan
komputer dengan software SPSS (Statistical Program for Social Science) v.15 for windows dan analisis korelasi product
moment untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
kegiatan bermain dengan perkembangan emosi anak pada kelompok bermain PAUD Ananda SKB Bondowoso tahun
pelajaran 2012-2013. Selain itu kegiatan bermain peran adalah indikator yang sangat berpengaruh terhadap
perkembangan emosi kelompok bermain. Sehingga sangatlah tepat jika dikatakan bahwa dengan bermain secara tepat dan
benar akan mempengaruhi perkembangan emosi anak pada kelompok bermain PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso
Collections
- SRA-Education [1352]