Hubungan antara Kegiatan Bermain dengan Perkembangan Emosi Anak Pada Kelompok Bermain PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso Tahun Pelajaran 2012-2013

DSpace/Manakin Repository

Show simple item record

dc.contributor.author Maqfirah, Linda
dc.contributor.author Hendrawijaya, A.T
dc.contributor.author Khutobah
dc.date.accessioned 2015-05-07T04:00:03Z
dc.date.available 2015-05-07T04:00:03Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62450
dc.description.abstract Kegiatan bermain akan mempengaruhi perkembangan emosi anak usia dini. Namun faktanya tidak semua kegiatan bermain mempengaruhi perkembangan emosi anak, sehingga hasilnya apabila anak usia dini dapat melalui kegiatan bermain dengan baik maka perkembangan emosi anak akan baik pula, begitu pula sebaliknya apabila mereka tidak melalui kegiatan bermain tidak secara baik maka hasilnya akan tidak baik pula. Sehingga menimbulkan pertanyaan adakah hubungan antara kegiatan bermain dengan perkembangan emosi anak pada kelompok bermain PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan atau tidaknya hubungan antara kegiatan bermain dengan perkembangan emosi anak pada kelompok bermain PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan menggunakan data primer berupa observasi pada 40 kelompok bermain PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso, dan data sekunder berupa dokumentasi perkembangan emosi. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive samplingdengan kriteria yaitu hadir pada saat diadakan observasi secara langsung dilapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan perhitungan komputer dengan software SPSS (Statistical Program for Social Science) v.15 for windows dan analisis korelasi product moment untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan bermain dengan perkembangan emosi anak pada kelompok bermain PAUD Ananda SKB Bondowoso tahun pelajaran 2012-2013. Selain itu kegiatan bermain peran adalah indikator yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan emosi kelompok bermain. Sehingga sangatlah tepat jika dikatakan bahwa dengan bermain secara tepat dan benar akan mempengaruhi perkembangan emosi anak pada kelompok bermain PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso en_US
dc.publisher UNEJ en_US
dc.relation.ispartofseries Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa;
dc.subject kegiatan bermain en_US
dc.subject perkembangan emosi en_US
dc.subject kelompok bermain PAUD terpadu en_US
dc.title Hubungan antara Kegiatan Bermain dengan Perkembangan Emosi Anak Pada Kelompok Bermain PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso Tahun Pelajaran 2012-2013 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record

Pencarian


Browse

My Account