PENGARUH DIMENSI EPIC MODEL IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
Abstract
Iklan merupakan bagian dari komunikasi yang terdiri dari berbagai
kegiatan untuk memberikan informasi dan komunikasi kepada pasar sasaran akan
adanya suatu produk baik berupa barang, jasa dan ide. Iklan merupakan salah satu
bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam
mempromosikan produknya. Efektivitas iklan dapat diukur dengan menggunakan
Model EPIC (
Penelitian ini menggunakan empat variabel yang dapat mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen pada Fourteen Shop. Variabel bebas yang
pertama adalah Dimensi Empathy, variabel kedua adalah Dimensi Persuasion,
variabel ketiga adalah Dimensi Impact, dan yang ke empat adalah Dimensi
Communication. Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk menguji
pengaruh Dimensi Empathy, Dimensi Persuasion, Dimensi Impact dan Dimensi
Communication Iklan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.
Penelitian ini adalah penelitian confirmatory research atau penelitian
konfimatory. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 81 responden dengan
menggunakan teknik pengambilan sampel didasarkan pada non-probability
sampling dan teknik non-probability sampling yang digunakan yaitu teknik
purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier
berganda pendekatan konfirmatory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Dimensi Empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen Fourteen Shop, Dimensi Persuasion berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Fourteen Shop, Dimensi
Impact tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan
pembelian konsumen Fourteen Shop, dan Dimensi Communication tidak ada
pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian konsumen
Fourteen Shop.