Show simple item record

dc.contributor.authorMeilisa Wulandari
dc.date.accessioned2014-10-31T01:52:25Z
dc.date.available2014-10-31T01:52:25Z
dc.date.issued2014-10-31
dc.identifier.nimNIM100210301015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59815
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian deskriprif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan penentuan lokasi yaitu purposive area. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarakan hasil penelitian dan pembahasan terdapat kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pakusari dalam mempelajari jurnal penyesuaian yang disebabkan oleh pengetahuan dan keterampilan dasar yang dimiliki siswa masih kurang. Pengetahuan ini ditinjau dari kurangnya pemahaman siswa terhadap materi jurnal penyesuaian, sehingga mereka mengalami kesulitan dalam menyesuaikan akun biaya dan pendapatan diterima dimuka serta akun perlengkapan yang tersisa atau terpakai. Sedangkan kurangnya keterampilan ditinjau siswa masih sering melakukan kesalahan dalam menganalisis, menghitung dan mencatat data transaski; Minat belajar siswa dalam mempelajari materi jurnal penyesuaian masih kurang. Hal ini dilihat dari kurangnya daya tarik siswa terhadap materi jurnal penyesuaian yang ditunjukkan oleh sikap siswa yang kurang perhatian saat proses pembelajaran. Selain itu, sikap siswa saat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru tidak dikerjakan dengan segera karena mereka menunggu teman yang selesai lebih awal untuk menyontoh atau menyalin pekerjaan temannya; Konsentrasi saat pembelajaran akuntansi yang masih kurang. Siswa tidak selalu fokus dengan materi yang diajarkan oleh guru disebakan teman sering mengajak ngobrol ketika pembelajaran akuntansi dan lebih fokus mengerjakan PR pelajaran lain yang masih belum selesai. Selain itu, kondisi lingkungan belajar juga tidak nyaman yang disebakan siswa sering ramai saat pembelajaran; penggunaan metode mengajar yang kurang tepat, yaitu pada pembelajaran jurnal penyesuaian guru lebih menggunakan metode pemberian tugas; Sarana pembelajaran masih dikatakan kurang, hal ini dilhat dari kurang lengkapnya inventarsi kelas yang tersedia di ruang kelas dan tidak tersedianya viewer di kelas XI IPS yang menyebabkan guru lebih menggunakan media papan tulis saat pembelajaran akuntansi serta kurangnya persediaan buku pelajaran akuntansi di perpustakaan yang membuat siswa hanya mempunyai 1 buku wajib saja yaitu LKS.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210301015;
dc.subjectAkuntansi, Materi jurnal Penyesuaianen_US
dc.titleANALISIS KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2013/2014)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record