PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PKN TEMA CINTA TANAH AIR DI SDN KALIWATES 01 JEMBER
Abstract
Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Kaliwates 01 Jember. Jenis
penelitian ini adalah PTK model spiral Hopkins dengan tahapan perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe examples non
examples. Hal ini terlihat dari skor aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal
yang dicapai. Dalam tindakan prasiklus skor aktivitas siswa sebesar 49,64, dan
pada siklus I meningkat sebesar 23,59 sehingga menjadi 73,23 yang termasuk
kategori aktif. Siklus II terjadi peningkatan sebesar 8,86 dari siklus I sehingga
menjadi 82,09 yang termasuk kategori sangat aktif. Peningkatan juga terjadi pada
hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I yaitu sebesar 11,86 sehingga menjadi
70,58 yang termasuk kategori baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II
sebesar 10,59 sehingga menjadi 81,17 yang termasuk kategori sangat baik.