ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGIL
Abstract
Berdasarkan hasil tes, angket dan wawancara didapat dari bahwa kesulitan
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil yang termasuk tinggi kategori kesulitannya
terdapat pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep yaitu sebesar 61,59%.
Selain itu indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah
dengan persentase sebesar 64,63% juga termasuk kategori kesulitan yang tinggi. Hal
ini berarti pemahaman siswa dalam menyatakan ulang sebuah konsep masih kurang
serta siswa belum dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma untuk memecahkan
masalah yang terdapat pada soal.
Penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar terdapat dua faktor,
yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa
kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar disebabkan oleh faktor intern dengan
persentase 23,66%, sedangkan faktor ekstern dengan persentase 48,01%. Dari
kategori tersebut, dapat dikatakan bahwa penyebab kesulitan siswa dalam
mempelajari aljabar yang paling dominan adalah faktor ekstern.
Berdasarkan hasil analisis data kesulitan siswa tersebut dapat disimpulkan
bahwa siswa masih mengalami kesulitan pada indikator kemampuan pemahaman
konsep yaitu pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dan mengaplikasikan
konsep atau algoritma untuk pemecahan masalah. Sedangkan faktor yang lebih
banyak mempengaruhi kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar yaitu pada faktor
ekstern khususnya pada aspek metode guru.