• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGIL

    Thumbnail
    View/Open
    Bunga Ayu Desy Permatasari - 100210101006_1.pdf (450.3Kb)
    Date
    2014-07-14
    Author
    Bunga Ayu Desy Permatasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil tes, angket dan wawancara didapat dari bahwa kesulitan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil yang termasuk tinggi kategori kesulitannya terdapat pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep yaitu sebesar 61,59%. Selain itu indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah dengan persentase sebesar 64,63% juga termasuk kategori kesulitan yang tinggi. Hal ini berarti pemahaman siswa dalam menyatakan ulang sebuah konsep masih kurang serta siswa belum dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma untuk memecahkan masalah yang terdapat pada soal. Penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar terdapat dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar disebabkan oleh faktor intern dengan persentase 23,66%, sedangkan faktor ekstern dengan persentase 48,01%. Dari kategori tersebut, dapat dikatakan bahwa penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar yang paling dominan adalah faktor ekstern. Berdasarkan hasil analisis data kesulitan siswa tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan pada indikator kemampuan pemahaman konsep yaitu pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma untuk pemecahan masalah. Sedangkan faktor yang lebih banyak mempengaruhi kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar yaitu pada faktor ekstern khususnya pada aspek metode guru.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58246
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository