Show simple item record

dc.contributor.authorBunga Ayu Desy Permatasari
dc.date.accessioned2014-07-14T01:42:51Z
dc.date.available2014-07-14T01:42:51Z
dc.date.issued2014-07-14
dc.identifier.nimNIM100210101006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58246
dc.description.abstractBerdasarkan hasil tes, angket dan wawancara didapat dari bahwa kesulitan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil yang termasuk tinggi kategori kesulitannya terdapat pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep yaitu sebesar 61,59%. Selain itu indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah dengan persentase sebesar 64,63% juga termasuk kategori kesulitan yang tinggi. Hal ini berarti pemahaman siswa dalam menyatakan ulang sebuah konsep masih kurang serta siswa belum dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma untuk memecahkan masalah yang terdapat pada soal. Penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar terdapat dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar disebabkan oleh faktor intern dengan persentase 23,66%, sedangkan faktor ekstern dengan persentase 48,01%. Dari kategori tersebut, dapat dikatakan bahwa penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar yang paling dominan adalah faktor ekstern. Berdasarkan hasil analisis data kesulitan siswa tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan pada indikator kemampuan pemahaman konsep yaitu pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma untuk pemecahan masalah. Sedangkan faktor yang lebih banyak mempengaruhi kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar yaitu pada faktor ekstern khususnya pada aspek metode guru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101006;
dc.subjectKesulitan Siswa, Materi Aljabar, Matematikaen_US
dc.titleANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGILen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record